Islam dan perubahan sosial: Gerakan sedeqah lima ratus rupiah dan perubahan sosial di kabupaten Sukabumi

Iji Jaelani, Ahmad Ali Nurdin

Abstract


Dalam kajian agama-agama, konsep sedekah merupakan bagian inti yang tidak bisa dilepaskan, khususnya berkaitan dengan transformasi agama sebagai perubahan sosial.Konsep demikian bisa dilihat pada gerakan sedekah lima ratus rupiah di kabupaten Sukabumi.  Gerakan ini dimulai pada tahun 2000 melibatkan banyak pihak meliputi lembaga agama, dan masyarakat luas. digunakan untuk melakukan perubahan sosial, bahkan turut menginisiasi lahirnya kebijakan publik mengenai zakat, infak, dan shodaqoh di Kabupaten Sukabumi. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini ialah teori pengalaman keagamaan (pemikiran, tindakan, dan persekutuan) dan teori hegemoni. Dari penelitian tersebut, penulis menganalisis gerakan sedekah lima ratus merupakan bentuk ekspresi pengalaman keagamaan yang diinspirasi dari pemikiran keagamaan nahdlatul (fiqrah nahdliyah dan harakah nahdliyah) dan memiliki dampak sosial yang besar pada perubahan masyarakat..Secara politik, gerakan sedekah lima ratus rupiah ini menggunakan strategi hegemoni, yakni kepemimpinan intelektual dan kepemimpinan moral dari Abdul Basith sebagai pendiri kepada relawan dan pemerintah untuk melancarkan kegiatannya hingga lahirnya lahirnya perubahan social di bidang registrasi peraturn daerah tentang pengelolaan zakat, infaq, dan shodaqoh.


Keywords


charity; religious experience; hegemony; social change

Full Text:

PDF

References


Gaus AF, Ahmad. Filantropi dalam Masyarakat Islam, Buku Ini Juga Menginspirasi CSR CSR Perusahaan untuk Mengubah Paradigma dalam Aktivitas Filantropi.Jakarta: Elex Media Komputindo, 2008.

Ghazali, Adeng Muhtar. Ilmu Studi Agama. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2005.

Hendarto, Heru. Mengenal Konsep Hegemoni Gramsci, dalam Diskursus Kemasyarakatan dan Kemanusiaan. Jakarta: Gramedia, 1993.

Huda, Syamsul, dkk. Membumikan Sedekah, Belajar dari Cicurug Sukabumi. Jakarta: NU Care-Lazisnu, 2017.

Kahmad, Dadang. Metode penelitian Agama; Persepektip Ilmu Perbandingan Agama. Bandung: Pustaka Setia, 2000.

Kahmad, Dadang. Sosiologi Agama. Bandung: PT. Rosdakarya, 2000.

Linawati. Konsep dana dalam Budha dan Sedekah dalam Islam. Skripsi. Semarang: Fakultas Ushuludin IAIN Walisongo, 2004.

Mukti, K.Wijaya. Belajar Menjadi Bijaksana. Jakarta: Yayasan Dharma Pembangunan, 1993.

Nottingham, Elizabet K. Agama dan Masyarakat. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.

O’dea, Thomas F. Sosiologi Agama; Suatu Pengenalan Awal. Jakarta: Rajawali Pers, 1996.

Patria, Nezar dan Andi Arief. Antonio Gramsci; Negara dan hegemoni.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Sabet, Amr. Religion, Politics and Social Change: A Theoretical Framework, dalam Jurnal Religion, State & Society, Vol. 24, Nos. 2/3, 1996

Wach, Joachim. Ilmu Perbandingan Agama, Inti dan Bentuk Pengalaman Keagamaan, Terj. Djamannuri. Jakarta: Rajawali, 1992.




DOI: https://doi.org/10.18326/ijtihad.v18i1.17-31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ijtihad: Jurnal Wacana Hukum Islam dan Kemanusiaan by http://ijtihad.iainsalatiga.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License